Ads

Mengapa Bulan Bisa Bercahaya?

Bulan Purnama - Kumpulan Artikel Pengetahuan Umum

Kalian pasti tahu bulan kan? Terkadang bulan kelihatannya sangat bercahaya, terutama pada malam hari, bulan kelihatan sekali menyinari bumi. Bukan cuma itu saja loh, pada siang hari juga kadang bulan masih juga kelihatan dari bumi. Ada apa ya? Apakah karena efek cahaya pada bulan? Yuk kita cari tahu mengapa bulan bisa bercahaya?


Orang-orang dulu beranggapan kalau bulan itu mempunyai cahaya sendiri. Tapi sebenarnya sih bulan gelap dan tidak mempunyai cahaya seperti yang terlihat oleh kita. 

Sebenarnya bulan kelihatan bercahaya karena bulan memantulkan sinar matahari berdasarkan orbitnya, tapi tidak semua permukaan bulan bisa memantulkan cahaya loh. Hanya setengah saja yang menghadap langsung pada matahari yang bisa memantulkan cahaya. 

Ketika bulan purnama, matahari secara langsung berada pada garis bumi dan bulan. Tapi sewaktu matahari menyinari bulan dari samping, maka yang terlihat di langit adalah bulan berbentuk sabit tipis.

Sebagian besar debu pada permukaan bulan, dapat memantulkan cahaya yang kuat, sehingga bulan nampak kelihatan lebih terang.

Bagaimana, sudah pahamkan, jadi bulan bercahaya itu karena pantulan dari sinar matahari, bukan dari bulan itu sendiri. 

Semoga bermanfaat.
SHARE

Author

Hi. Saya Hendra. Saya senang menulis artikel tentang pengetahuan umum dan membagikannya melalui blog ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat serta menambah wawasan para pembaca sekalian

  • Image
  • Facebook
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 comments:

  1. Sip bener banget kang sama kaya guru IPA saya menjelaskan kalau bulan itu tidak menghaslkan cahaya sendiri melainkan bulan hanya dapat memantulkan sinar dari matahari ke bumi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip lah, nambah ilmu pengetahuan baru nih bro

      Delete