Ads

Mengapa Sewaktu Rambut Dipangkas Nggak Terasa Sakit?



Potong Rambut - Kumpulan Artikel Pengetahuan Umum


Pernah tidak sewaktu kalian mencukur rambut, terus tiba-tiba rambut terasa sakit dan berdarah. Tidak kan??. Sekarang muncul satu pertanyaan, mengapa sewaktu rambut dipangkas tidak terasa sakit?. Padahal rambut juga kan bagian dari tubuh kita. Kalau memang dipangkas, harusnya juga terasa sakit dong, sama seperti anggota tubuh yang lainnya. Nah semuanya akan dijelaskan di dalam artikel berikut ini.



Rambut, meskipun bagian dari tubuh kita, tidak memiliki saraf. Pengertian saraf itu sendiri adalah sekumpulan sel tubuh yang akan meneruskan informasi ke pusat sakelar induk, ke otak dan juga ke sumsum tulang belakang. Keadaan masing-masing tubuh ini akan diinformasikan lewat saraf, misalnya :

- Apakah sedang merasa kedinginan atau kepanasan, atau
- Adakah sesuatu yang kurang menyenangkan, seperti rasa selera, aroma, bunyi suara dan gambar-gambar ditangkap oleh sel-sel saraf dan diteruskan ke otak, atau
- Apakah ada benda tajam yang bisa melukai seseorang.

Kemudian otak akan mengelola informasi yang diterima dan memberikan instruksi untuk bertindak atau melakukan sesuatu. Dengan begitu, manusia mampu untuk bereaksi secara tepat dan cepat. Sebagai contoh : jika kita tidak sengaja memegang kompor panas, maka saraf akan memberikan laporan “panas dan sakit”, lalu secepat kilat akan menyampaikan pesan rasa sakit tersebut ke otak dan otak kita akan memberikan perintah untuk menarik tangan kita dari kompor panas tersebut.

Berbeda dengan rambut, sistem tanda bahaya peringatan tersebut tidak ada alias tidak perlu. Rambut kita kan merupakan sisa dari bulu badan yang sangat tebal.

Nah fungsi rambut sendiri adalah untuk melindungi kita dari sinar matahari, suhu dingin maupun panas dan juga sebagai mahkota kita. Selain itu, bulu mata dan alis (rambut yang tumbuh di sekitar mata) berfungsi untuk menjaga agar keringat tidak mengalir masuk ke dalam mata, yang bisa dibilang mata sangat peka. Rambut juga terdiri dari sel-sel tanduk dan nggak berisi pembuluh darah.


Tidak kebayang kan kalau misalnya tidak ada rambut, atau alis dan bulu mata, mungkin mata kita kebanjiran terus sama keringat atau air hujan dan sebagainya.

Itulah alasannya mengapa sewaktu rambut dipangkas nggak terasa sakit. Kecuali dijambak, ya sakit lah... bagaimana, kalian sudah paham kan. Mudah-mudahan bermanfaat ya.

SHARE

Author

Hi. Saya Hendra. Saya senang menulis artikel tentang pengetahuan umum dan membagikannya melalui blog ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat serta menambah wawasan para pembaca sekalian

  • Image
  • Facebook
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment