Ads

Mengapa Kita Bisa Menguap??



Mengapa Kita Bisa Menguap?? - Kumpulan Artikel Pengetahuan Umum

Kali ini Admin mau membahas masalah menguap. Selain manusia, hewan juga bisa menguap loh. Tapi tahukah kalian, mengapa kita bisa menguap?? Pada artikel kali ini Admin akan membahasnya loh, dan seperti biasanya, biasakan membaca sampai tuntas ya guys, biar pemahamannya tidak setengah-setengah, hehehe...

Menurut situs biologimu[dot]com, menguap merupakan sebuah tindakan refleks dari serangkaian kegiatan, mulai dari menghirup udara dan peregangan pada gendang telinga yang diikuti oleh kegiatan menghembuskan napas.

Tahu tidak apa tujuan dari menguap? Nah pada sebuah studi yang dilakukan oleh Om Andrew Gallup beserta timnya dari Binghantom University menemukan bahwa tujuan dari menguap adalah untuk mengontrol temperatur otak loh. Jadi gini guys, ketika kita menguap, terjadi peregangan pada daerah rahang yang dapat meningkatkan aliran darah di leher, wajah dan juga kepala.

Ketika proses menguap terjadi, pasti akan terjadi proses tarikan napas yang dalam, yang membuat cairan pada tulang belakang dan darah dari otak mengalir ke bawah. Nah udara sejuk yang dihirup inilah yang akan membantu mendinginkan cairan ini. Proses ini mirip banget sama sebuah radiator, melepaskan darah yang terlalu panas dari otak, lalu memasukkan darah yang suhunya lebih rendah yang berasal dari paru-paru, kaki dan juga tangan, sehingga mendinginkan permukaan otak.

Menguap Menurut Ilmiah

Menurut Pakde Joan Liebmann Smith Ph.D dan Jacqueline Nardi Egan, menguap merupakan sinyal dari tubuh, mulai dari masalah biasa sampai masalah serius. Jadi dapat dikatakan seseorang menguap itu untuk berbagai alasan, bukan hanya mengantuk saja loh. Baca juga artikel menarik lainnya --> Mengapa Kita Bisa Merasakan Ngantuk??

Sejumlah ilmuwan mempercayai jika menguap dapat membantu seseorang menjadi lebih waspada untuk segera memasukkan oksigen ke otak. Karena menguap merupakan salah satu tanda jumlah oksigen di dalam otak sedang menurun, yang dapat membuat seseorang sulit untuk konsentrasi. Tekanan darah rendah menyebabkan kurangnya darah yang dipompa dari jantung, dan jika darah yang dipompa oleh jantung semakin sedikit, maka semakin rendah tekanan darahnya. Maka akibatnya jantung atau otak akan kekurangan pasokan oksigen dalam darah, sehingga membuat seseorang sering menguap, pusing bahkan lelah.

Benarkah Sujud Sangat Baik Bagi Otak??

Tahukah kalian, seseorang yang jarang bersujud akan mengalami kekurangan oksigen? Mengapa bisa demikian? Ehemmm... *benerin kerah baju!

Seseorang yang rajin atau sering (melakukan gerakan) bersujud secara kontinu dan tu'maninah, dapat membuat pembuluh darah di otak terlatih untuk menerima banyak pasokan oksigen. Karena ketika posisi sujud, posisi jantung berada lebih tinggi daripada kepala. Hal ini menyebabkan darah akan mengalir secara maksimal ke otak. Artinya, otak kita akan mendapatkan pasokan darah yang kaya oksigen yang dapat memacu kerja sel-selnya. Dengan kata lain, sujud yang teratur dapat memicu peningkatan kecerdasan seseorang.

Demikian artikel tentang Mengapa Kita Bisa Menguap??. Semoga penjelasan diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita ya guys. Dan jangan lupa, banyak-banyaklah bersujud...

Semoga bermanfaat.
SHARE

Author

Hi. Saya Hendra. Saya senang menulis artikel tentang pengetahuan umum dan membagikannya melalui blog ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat serta menambah wawasan para pembaca sekalian

  • Image
  • Facebook
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 comments:

  1. nah nih...jadi kalau didepan kita ada yang menguap, saya akan bilang kalau otaknya sedang kekurangan oksigen tuh...kira-kira bisa nggak di pompa pake pompa untuk ban motor supaya otak kita nggak kekurang oksigen ya mang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mang. Pinjem pompanya sama Mas Poniran aja Mang

      Delete