Ads

Mengapa Membunuh Cicak Dianjurkan di Dalam Islam?


Mengapa Membunuh Cicak Dianjurkan di Dalam Islam?

Hai sobat blogger semuanya. Sudah lama banget Admin nggak update blog. Kali ini Admin akan membahas mengenai mengapa membunuh cicak dianjurkan di dalam Agama Islam? Padahal kan cicak merupakan salah satu hewan ciptaan Allah juga, tapi mengapa membunuhnya malah dianjurkan. Yuk kita lihat penjelasannya di artikel ini. Biasakan membaca sampai tuntas ya, ini kan ilmu, nanti kalau bacanya setengah-setengah, hasilnya juga sama, setengah-setengah juga, hehehe... 


Terkadang nggak masuk akal juga ya, hewan sekecil cicak yang notabene bukan termasuk hewan buas berbahaya seperti singa, ular atau kalajengking, justru dianjurkan untuk dibunuh. Padahal Allah menciptakan semua ini nggak sia-sia. Eit tapi, tunggu dulu, semua ada penjelasannya loh. Menurut hukum agama Islam, membunuh cicak hukumnya Sunnah, bahkan dianjurkan oleh Rosululloh, dan berikut adalah alasan mengapa membunuh cicak dianjurkan di dalam agama Islam :

1. Cicak merupakan salah satu hewan yang berbahaya bagi kesehatan. Kotoran cicak mengandung bakteri E. Coli yang dapat menimbulkan sakit perut dan bahkan parahnya dapat menyebabkan keracunan makanan.

2. Dalam satu riwayat, ketika Rosululloh bersembunyi di dalam Gua Hiro, cicak berbunyi memberikan isyarat kepada musuh-musuhnya, tetapi justru dilindungi oleh laba-laba dengan cara membuat sarang laba-laba di pintu Gua. Bandel amat ya kecil-kecil banyak tingkah nih cicak.

3. Membunuh cicak termasuk Sunnah Rosululloh yang dianjurkan. Hal ini merunut dari penjelasan dari Ummu Syarik, bahwa Rosululloh pernah memerintahkan untuk membunuh cicak, karena hewan ini telah meniup dan memperbesar api yang telah membakar Nabi Ibrahim. 

Selain itu, dari Abu Hurairah menjelaskan bahwa Rosululloh pernah menerangkan bahwa membunuh cicak dengan satu kali pukulan berpahala lebih besar daripada dengan pukulan kedua. Di dalam shahih Muslim, Sunan Abu Daud dari Jami’ at-Tirmidzi dari Abu Hurairah berkata : Rosululloh bersabda, “Barangsiapa membunuh cicak, maka pada awal pukulannya, baginya ini dan itu satu kebaikan. Barangsiapa yang membunuhnya dalam pukulan kedua, maka baginya ini dan itu kebaikan yang berbeda dengan yang pertama. Jika dia membunuhnya pada pukulan ketiga, maka baginya ini dan itu kebaikan yang berbeda dengan yang kedua.”

Bagaimana guys, paham kan, mengapa membunuh cicak dianjurkan di dalam Islam? Semoga dapat bermanfaat dan Admin mau cari cicak dulu nih. 

Baca juga artikel menarik lainnya : Mengapa Kepiting Jalannya ke Samping?
SHARE

Author

Hi. Saya Hendra. Saya senang menulis artikel tentang pengetahuan umum dan membagikannya melalui blog ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat serta menambah wawasan para pembaca sekalian

  • Image
  • Facebook
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

4 comments: