Ads

Mengapa Planet Saturnus Memiliki Cincin??


Halo sobat blogger, jumpa lagi bersama Admin yang kece badai. Admin lagi mau ngomongin masalah planet di tata surya. Salah satunya ya planet Saturnus. Di saat planet yang lainnya tidak memiliki lingkaran mirip cincin, eh planet Saturnus ini malah punya lingkaran yang mirip cincin. Admin jadi penasaran dong, mengapa sih planet saturnus memiliki cincin? 


Tapi yang jelas, yang namanya ciptaan Tuhan tidak ada yang sia-sia. Semua pasti ada tujuannya. Namun ilmu pengetahuan yang dimiliki manusia sangatlah terbatas, bahkan seorang ilmuwan paling pintar pun tidak mengetahui secara pasti mengapa hanya planet Saturnus yang memiliki cincin. Baca artikel menarik lainnya : Ini Alasan Mengapa Langit Berwarna Biru

Berangkat dari permasalahan tersebut, lalu bermunculan berbagai teori mengenai alasan ini. Yah namanya juga teori, kalian boleh percaya, boleh tidak. Kalian juga boleh menelitinya kembali, atau setuju sama pernyataan para ilmuwan tersebut.

Pada sebuah penelitian menyatakan bahwa cincin pada planet Saturnus merupakan sisa-sisa satelit alami miliknya, yang hancur lebur jutaan tahun lalu. Lalu serpihannya mengelilingi Saturnus.

Sebenarnya sih sudah lama banget para ilmuwan berbeda pendapat. Selain pernyataan diatas, ada lagi yang mengatakan bahwa cincin itu merupakan sisa-sisa material Nebula yang membentuk Saturnus.

Lalu ada juga yang berpendapat cincin itu terbentuk dari sisa-sisa komet yang menabrak atau saat gravitasi planet ini mencerai-beraikan komet yang melintas terlalu dekat.

Bahkan menurut Robin Canup dari Southwest Research Institute di Boulder, Colorado, AS, yang merupakan penulis dalam laporan Jurnal Nature, Saturnus dulunya mempunyai banyak satelit raksasa sebesar satelit terbesarnya, yakni Titan.

Sekitar 4,5 miliar tahun lalu, satelit alami yang sebesar Titan ini mendekat ke Saturnus. Nah karena gravitasi Saturnus cukup kuat, lalu menariknya dan membentuk lapisan es pada satelit Titan ini terlepas. 

Lapisan es inilah yang membentuk cincin Saturnus. Sementara itu, inti satelit yang berbatu-batu malah tetap utuh dan akhirnya menabrak Saturnus. 

Jadi apa yang kita lihat ini sebenarnya merupakan serpihan satelit alami terbesar terakhir yang tertelan Saturnus.

Demikian beberapa spekulasi yang bermunculan sehubungan dengan peristiwa terbentuknya cincin ini pada planet Saturnus. 

Semoga bermanfaat.
SHARE

Author

Hi. Saya Hendra. Saya senang menulis artikel tentang pengetahuan umum dan membagikannya melalui blog ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat serta menambah wawasan para pembaca sekalian

  • Image
  • Facebook
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 comments:

  1. para ilmuwan barat emang hebat, sementara orang Indonesia masih meributkan hal hal mistis

    ReplyDelete