Ads

Alasan Logis Mengapa Mesin Mobil Sering Mati Diatas Rel

Alasan Logis Mengapa Mesin Mobil Sering Mati Diatas Rel
Image : arsindo.com

Pernah ngalamin nggak, mesin kendaraan tiba-tiba mati sewaktu melintas rel kereta api? Mungkin banyak dari kita yang merasa heran, mengapa mesin kendaraan (paling sering mobil) tiba-tiba mati diatas rel kereta api. Berbeda dengan mobil, kalau mesin motor yang mati, masih bisa didorong seorang diri.



Karena sering kejadian mesin kendaraan mati ketika melintasi rel KA, bahkan nggak sedikit juga yang langsung menghubung-hubungkan dengan hal-hal yang mistis. Padahal sebenarnya ada penjelasannya loh.

Jadi gini guys, di lokomotif itu ada roda kereta (disebut juga bogie). Komponen utama dari bogie adalah dinamo. Di dalam dinamo terdapat unsur medan magnet yang cukup kuat. Sebagai contoh saja guys, jika lokomotif seri CC, berarti terdapat 3 rangkaian bogie (ada 6 buah dinamo berukuran besar). Hal ini menyebabkan rangkaian rel yang terbuat dari baja, dapat menghantarkan medan magnet sejauh 1 KM dari keberadaan lokomotif.

Baca juga : Mengapa Jarum Kompas Selalu Menunjuk Arah Utara dan Selatan??

Nah setiap kendaraan yang akan melintasi rel kereta, biasanya pengendara akan menurunkan mesin ke putaran rendah. Jika pengendara nggak memindahkan gigi mesin ke yang lebih rendah, maka putaran mesin dinamo kendaraan bermotor dan koil yang ada dapat mati seketika. Hal ini disebabkan karena faktor medan magnet dari bogie yang dihantarkan oleh rel kereta api.

Itulah sebabnya mengapa petugas penjaga pintu perlintasan KA selalu menutup pintu perlintasan sebelum kereta mendekati perlintasan (jaraknya +- 3 KM). Jika seandainya ada kendaraan yang menerobos atau melewati rel kereta yang berjarak kurang dari 1 KM, akan mengakibatkan mesin dinamo dan koil kendaraan yang sudah lemah dapat mati. Kalau sudah begini, sebaiknya sih kalian langsung keluar dari mobil, karena biasanya mesin mobil akan susah untuk dihidupkan kembali. Mendingan relain mobil rusak daripada nyawa melayang.

Makanya guys, kalau melintasi perlintasan rel kereta api, jangan pernah menerobos ya, demi keselamatan diri sendiri. Karena kereta api nggak bisa mengerem mendadak, hal ini disebabkan roda kereta api dengan rel sama-sama terbuat dari baja, jadinya nggak ada friksi. Rata-rata kereta api akan berhenti sejauh 800 M setelah direm.

Semoga artikel tentang alasan logis mengapa mesin mobil sering mati diatas rel dapat menjawab semua rasa penasaran dan keingintahuan kita. 

Semoga bermanfaat.
SHARE

Author

Hi. Saya Hendra. Saya senang menulis artikel tentang pengetahuan umum dan membagikannya melalui blog ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat serta menambah wawasan para pembaca sekalian

  • Image
  • Facebook
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment