Ads

Kenapa Pare Rasanya Pahit??

Gambar : kenapanda.com
Siapa di sini yang suka dengan sayuran pare? Banyak yang bilang, kalau cara pengolahannya benar dan tepat, maka pare dapat diolah menjadi sayuran yang melezatkan dan rasa pahitnya tidak terasa. Bahkan bukan cuma itu saja loh guys, meskipun rasanya pahit, tapi pare memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Pare tetap akan terasa pahit, baik dalam keadaan matang maupun mentah. Nah ada yang tahu tidak, kenapa pare rasanya pahit??



Pare atau paria atau bitter melon atau bitter gourd berasal dari keluarga momordica charantina adalah tanaman merambat yang bentuknya mirip banget sama timun, tapi cuma kulitnya saja yang agak keriput. Pare ternyata banyak jenisnya dan banyak tumbuh subur di beberapa negara, termasuk Indonesia. 

Baca juga -> Mengapa Kentut Bau??

Meskipun rasanya pahit, tapi pare punya banyak banget manfaat bagi tubuh kita, seperti :

- Mampu menangkal sel kanker
- Mengusir diabetes
- Menurunkan berat badan
- Membersihkan darah
- Melancarkan pencernaan
- Mengatasi asma
- Memelihara kecantikan, dan lain sebagainya

Nah, kalian belum tahu kan kenapa pare rasanya pahit? Rasa pahit ini datang dari kandungan zat quinine yang tinggi di dalamnya, sehingga kental rasa pahitnya. Apa itu zat quinine? Quinine itu alkaloid (sebuah golongan senyawa basa bernitrogen yang kebanyakan heterosiklik dan terdapat di tumbuha) yang bersifat anti peretik (penawar panas), anti malaria dan juga analgesik (penawar sakit) yang alami, kata Pak Jansen Ongko, MSc, RD, pakar gizi.

Hmmm, ooh jadi ini alasannya kenapa pare rasanya pahit?? guys. Tuh kan banyak banget kan manfaatnya. Mulai sekarang, yuk kita makan pare!!

Semoga bermanfaat.
SHARE

Author

Hi. Saya Hendra. Saya senang menulis artikel tentang pengetahuan umum dan membagikannya melalui blog ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat serta menambah wawasan para pembaca sekalian

  • Image
  • Facebook
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment