Ads

Mengapa Dicubit Terasa Sakit


Mengapa dicubit terasa sakit? - Pernah gak sih kalian merasakan sakitnya dicubit? Apa lagi pas kena hukuman dari guru, biasanya kita langsung kena cubitan. Terus bagaimana rasanya dicubit? Pasti kulit langsung terasa sakit dan perih. Nah saya akan membahas di artikel ini mengapa ketika kita dicubit akan terasa sakit.



Alasannya adalah, kulit merupakan indera perasa atau peraba. Kulit juga merupakan lapisan tipis yang menutupi seluruh permukaan tubuh manusia. Meskipun kulit kita tipis, tapi kulit mempunyai tiga lapian, yaitu kulit ari, kulit jangat dan jaringan ikat bawah kulit.

Ketika terkena kuku jari atau dicubit, kulit ari dapat terkelupas. Tapi gak sampai menimbulkan luka, hal ini dikarenakan pada lapisan kulit air gak ada pembuluh darahnya guys. Nah lapisan terluar dari kulit ari terdiri dari sel-sel mati dan kalau sampai terkelupas, akan digantikan oleh sel-sel yang ada di bawahnya.

Baca juga : Berapa Jumlah Tulang di Dalam Tubuh Manusia?
                  Mengapa Tubuh Bisa Merinding?

Lalu di bawah lapisan kulit ari, ada yang namanya lapisan kulit jangat. Tekstur kulit jangat lebih tebal yang terdiri dari pembuluh darah dan ujung-ujung saraf indra perasa dan peraba. Ketika kita dicubit dengan lebih kuat, maka ujung-ujung saraf ini akan langsung bereaksi. Dan rangsangan akan diteruskan ke otak, serta memberikan sinyal sebagai rasa nyeri dan sakit. Nah inilah asalannya mengapa dicubit akan terasa sakit.

Semoga bermanfaat.

SHARE

Author

Hi. Saya Hendra. Saya senang menulis artikel tentang pengetahuan umum dan membagikannya melalui blog ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat serta menambah wawasan para pembaca sekalian

  • Image
  • Facebook
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment