Ads

Mengapa Uban Berwarna Putih??

Mengapa Uban Berwarna Putih?? - Kumpulan Artikel Pengetahuan Umum
Picture : rubrik.okezone.com

Mengapa Uban Berwarna Putih?? - Uban adalah rambut yang berwarna putih yang biasa kita temukan pada usia senja. Tapi terkadang juga sering kita temui pada beberapa orang di usia muda. Beruban adalah hal yang lumrah terjadi pada manusia. 


Namun pertanyaan yang sekarang muncul adalah, apakah kalian pernah memperhatikan uban tersebut mengapa berwarna putih? Bukan berwarna merah atau biru. Jika kalian penasaran dengan warna uban yang berwarna putih, maka berikut adalah penjelasannya. 

Baca juga artikel menarik lainnya : Mengapa Tubuh Bisa Merinding??

Perubahan memutih tersebut terjadi akibat dari pengurangan pigmen pada folikel rambut. Pigmen pada rambut dikenal juga dengan nama melanin. Nah ketika produksi melanin berkurang, maka rambut secara perlahan akan berubah menjadi putih (uban).

Lalu melanin ini diproduksi oleh sel-sel yang khusus untuk memproduksi pigmen, biasa disebut dengan melanosit. Sel melanosit ini ada di permukaan kulit dimana rambut tumbuh (folikel). Setiap rambut yang tumbuh dari folikel tunggal. Ketika rambut kita semakin tumbuh, maka sel melanosit menginjeksikan melanin ke sel yang mengandung keratin.

Fungsi dari melanosit ini adalah menginjeksi melanin ke dalam keratin rambut selama waktu tertentu. Saat seseorang bertambah usianya, maka terjadi pengurangan produksi melanin oleh melanosit, sehingga rambutnya berubah menjadi putih.

Lebih lanjut, seorang profesor biologi sel dari University of Bradford di Inggris, Dr. Desmond Tobin, mengatakan kalau folikel rambut memiliki "Melanogenetic Clock", artinya proses pembentukan melanin pada folikel rambut memiliki masa waktu tertentu. Proses ini terjadi sebelum rambut mempersiapkan selnya untuk rontok atau memudar, oleh karena itu warna pada bagian akar rambut selalu terlihat pucat.

Selain itu, perubahan rambut menjadi uban disebabkan oleh faktor genetik dan usia. Gen tersebut mengatur potensi setiap folikel rambut untuk mengalami pigmentasi oleh melanin. Biasanya hal ini terjadi cukup unik pada setiap orang loh, inilah yang menyebabkan mengapa ada orang yang pertumbuhan rambutnya cepat putih, dan juga sebaliknya.

Tapi selain faktor diatas, ternyata masih ada faktor lainnya yang mempengaruhi proses perubahan rambut menjadi uban loh. Namanya faktor intrinsik dan ekstrinsik. Untuk faktor intrinsik, contohnya seperti kelainan genetik dan hormon. Sedangkan faktor ekstrinsik misalnya, polutan, toksin, iklim dan paparan zat-zat kimia.

Gimana guys, sudah jelas kan mengapa uban berwarna putih. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita ya.
SHARE

Author

Hi. Saya Hendra. Saya senang menulis artikel tentang pengetahuan umum dan membagikannya melalui blog ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat serta menambah wawasan para pembaca sekalian

  • Image
  • Facebook
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

6 comments:

  1. AKu pernah punya uban sekali saampai dua kali dalam 5 tahun.
    itu sbebenarnya di sebabkan karna apa ya ?
    apakah setress juga bisa mempengaruhi pertumbuhan uban ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya faktor stress juga ikut mempengaruhi Mas

      Delete
  2. Bener sekali mas,,,kebanyakan orang yang sudah lanjut memang beruban,,,yang jadi pertanyaan saya nih mas" kenapa kok rambut pada turis atau orang luar indo, biarpun masih muda, udah putih.
    Itu jenis uban atau apa ya mas...

    ReplyDelete
  3. Itu sih memang sudah dari sananya mas 😂

    ReplyDelete
  4. Kalau tau ubanan sih pada maklum tapi tak jarang masih muda tapi ubanan itu yang suka bikin minder

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya kalo muda udah ubanan, paling rambutnya sudah terkontaminasi bahan kimia

      Delete