Ads

Mengapa Kalau Menangis Keluar Air Mata?

Mengapa Kalau Menangis Keluar Air Mata? - Titisan Profesor

Hai guys, sudah lama sekali saya gak update artikel karena kesibukan dan berbagai urusan yang melanda. Kali ini saya akan mulai rutin untuk update artikel-artikel terbaru, so stay tuned yaa guys! Kali ini saya mau share tentang artikel mengapa kalau menangis keluar air mata



Mungkin sudah banyak website ataupun blog yang membahas artikel tentang masalah ini, tapi saya mau membahasnya secara ringkas, padat dan jelas. 

Setiap manusia pasti pernah mengalami yang namanya menangis. Menangis bisa juga digunakan untuk saling mengkomunikasikan kondisi emosional seseorang, misalnya terharu, sedih, bahagia atau bisa juga diputusin pacar. Bahkan setiap manusia lahir ke dunia ini pun dalam keadaan menangis. Gak mungkin juga kan kalian lahir ke dunia ini dalam keadaan tertawa.

Nah ketika kita menangis, kita akan mengeluarkan air mata dari celah kedua matanya. Lalu pertanyaannya, kenapa sih kita bisa mengeluarkan air mata ketika menangis? 

Seperti dilansir dari laman Okezone, terdapat tiga tipe air mata, yakni BASAL TEARS, REFLEX TEARS dan AIR MATA EMOSI.

1. BASAL TEARS
Kamu pasti pernah dong mengaca di depan kaca, lalu tiba-tiba tanpa sadar air mata berair, nah air mata inilah yang dinamakan Basal Tears, yang berfungsi untuk membasahi mata kalian.

2. REFLEX TEARS
Kalau yang ini, air mata yang dihasilkan akibat pengaruh eksternal. Sebagai contoh, misalkan kalian sedang kelilipan, secara spontan kalian pasti akan mengucek mata, sehingga mengeluarkan air mata yang cukup banyak. Tujuan dari munculnya Reflex Tears ini adalah untuk membersihkan mata kalian dari benda-benda asing.

3. AIR MATA EMOSI
Nah ini adalah air mata yang akan keluar ketika kalian merasa bersedih ataupun bahagia. Air mata yang keluar saat menangis biasanya bertujuan untuk dapat memberikan sinyal, sebagai bentuk komunikasi serta mengurangi stres.

Air mata emosi ini berisi hormon yang dikenal dengan nama Adrenocorticotropic Hormone (Hormon ACTH). Hormon ini memiliki keterkaitan dengan tingkat stres yang dirasakan seseorang.

Baca juga artikel menarik lainnya :
Ini Alasan Mengapa Permen Tidak Untuk Kesehatan Gigi
- Mengapa Kita Bisa Merasakan Ngantuk??

Lalu gimana kalau kita merasa bahagia. Sama halnya seperti kita sedang bersedih, air mata bahagia juga menjadi air mata emosi yang muncul karena pengaruh eksternal, seperti perasaan dan fisik. 

Air mata yang keluar di saat kita menangis, lebih disebabkan karena adanya pemicu, seperti emosi, yang akan membuat kelenjar lakrimal (kelenjar air mata) mengeluarkan air mata lebih banyak. Inilah sebabnya mengapa ketika kita dilanda emosi, kita akan menangis dan mengeluarkan air mata.

Referensi :
https://techno.okezone.com/read/2017/07/28/56/1745786/do-you-know-ini-loh-alasan-air-mata-keluar-saat-kita-sedang-sedih
SHARE

Author

Hi. Saya Hendra. Saya senang menulis artikel tentang pengetahuan umum dan membagikannya melalui blog ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat serta menambah wawasan para pembaca sekalian

  • Image
  • Facebook
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment